Terjadi masalah terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa terutama saat pembelajaran online yang diduga disebabkan oleh pembelajaran yang belum memfasilitasi siswa untuk memvisualisasi bangun ruang secara konkret, efektif, dan efisien, dimana pembelajaran hanya mengandalkan buku/modul. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang siswa dengan mengkaji efektivitas penggunaan video pembelajaran berbasis GeoGebra dalam kelas virtual. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Buton Tengah dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.A dan siswa kelas VIII.B. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain posttest only control group design. Kelas VIII.A bertindak sebagai kelas eksperimen (kelas yang menerima pembelajaran menggunakan video berbasis GeoGebra) sedangkan kelas VIII.B bertindak sebagai kelas kontrol (kelas yang menerima pembelajaran menggunakan modul/buku). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif (mean, median, modus, standar deviasi, maksimum, dan minimum) dan analisis inferensial (uji independent sample t-test). Hasil analisis data menunjukkan pembelajaran menggunakan video berbasis GeoGebra lebih baik dan efektif terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa dibanding pembelajaran menggunakan modul/buku. Siswa yang menerima pembelajaran menggunakan video berbasis GeoGebra menunjukkan partisipasi yang lebih aktif baik dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan. Ini membantu mereka untuk tidak hanya menghafal informasi, tetapi juga memproses dan merenungkan konsep-konsep bangun ruang dengan lebih mendalam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024