MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 6, No 2 (2024): MATHEMA

Hubungan Konten Edukasi Matematika pada Aplikasi TikTok dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Sederajat

Eka Agustina, Siti Rodliyah (Unknown)
Indriani, Nina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan konten edukasi matematika pada aplikasi TikTok dengan motivasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Peneliti memberikan instrumen penelitian berupa tautan google form kepada siswa SMA sederajat di Kabupaten Gresik berjumlah 95 siswa, adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian terhadap motivasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas sederajat menunjukkan skor total 645,4 dengan persentase 4% sangat tinggi, 60% tinggi, 25% sedang, dan 11% rendah. Hasil uji korelasi data menunjukkan bahwa nilai pearson correlation sebesar 0,208 didukung dengan nilai signifikansi sebesar 0,043 yang menandakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan konten edukasi matematika pada aplikasi TikTok dengan motivasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas sederajat di Kabupaten Gresik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...