Penelitian ini membahas strategi branding destinasi untuk Kabupaten Wajo. Kabupaten Wajo memiliki potensi alam yang melimpah, budaya yang kaya, dan warisan tradisional yang unik. Kabupaten Wajo masih belum memiliki branding yang kuat dalam konteks pariwisata. Pengumpulan informasi dari wawancara, observasi, dan studi literatur terkait dengan elemen yang berkontribusi pada proses pembentukan branding destinasi Kabupaten Wajo. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang pandangan para narasumber mengenai elemen-elemen tersebut, termasuk potensi, budaya, citra, karakter, kepribadian, serta elemen-elemen seperti logo dan slogan. Rekomendasi branding yang diusulkan mengintegrasikan elemen-elemen seperti Danau Tempe, Sutera, dan Rumah Adat Atakka'e, serta tagline "It’s more special’s inside." Identitas visual yang memperlihatkan ciri khasnya sebagai destinasi pariwisata yang memiliki daya tarik, keunikan, dan keajaiban alam. Dengan branding yang efektif, diharapkan dapat meningkatkan daya tariknya bagi wisatawan domestik dan internasional serta bersaing lebih baik dalam pasar pariwisata yang kompetitif. Hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi pihak terkait dalam mengembangkan branding destinasi Kabupaten Wajo dan mengoptimalkan potensi pariwisata yang dimilikinya.
Copyrights © 2024