Journal Health Information Management Indonesian
Vol. 2 No. 2 (2023): Agustus (Journal Health Information Management Indonesian)

Hubungan Aspek Kualitas Pelayananidengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Karanganyar

Permatasari, Fauziah Kurnia (Unknown)
Sukmaningsih, Wahyu Ratri (Unknown)
Novratilova, Sinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Puskesmas dalam memberikan sebuah pelayanan kesehatan harus yang berkualitas atau bermutu,salah satunya dengan memberikan fasilitas yang lengkap agar meningkatkan kepuasan serta kualitas hiduppasien atau pengguna pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui hubungan kualitaspelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Karanganyar. Jenis penelitian inikuantitatif menggunakan metode analitik observasional. Sampel yang digunakan yaitu 100 pasien rawat jalan.Intrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji statistik Chi Square dengan p-value ≤ 0,05. Hasil dari penelitian menunjukkan ada hubungan dimensi kehandalan (p-value=0,003), dimensibukti fisik (p-value = 0,004), dimensi jaminan (p-value = 0,004), dimensi empati (p-value = 0,002) dan dimensidaya tanggap (p-value = 0,002) dengan kepuasan pasien di Puskesmas Karanganyar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MIK

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

The field of Health Information Management in question consists of the scope of nursing, public health, pharmacy, Medical Laboratory Technology, recorders and health information, midwifery, health analysts, nutrition, psychology, and other health ...