Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik SMP Negeri 5 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental dan menggunakan jenis desain nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Pontianak tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIF sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan Purposive Sampling (dengan pertimbangan). Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar observasi dan tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest dan posttest yang dilakukan untuk tes kemampuan literasi matematis peserta didik, lembar observasi digunakan untuk melihat apakah model pembelajaran Discovery Learning pada saat proses belajar sudah terlaksana. Data kemampuan literasi matematis diperoleh dari nilai rata-rata pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil kemampuan literasi matematis antara kelas ekserimen dengan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 85,65 lebih baik dari hasil rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 80,50. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan taraf signifikasi 0,00 (< 0,05) sehingga Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik SMP Negeri 5 Pontianak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024