PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 7 No. 2 (2024): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Pengembangan Game Kotak Alphabet Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun

Refliana Yanti, Liza (Unknown)
Rita Kurnia (Unknown)
Nurlita (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ditemukan oleh peneliti yaitu anak belum bisa mengenal dan membedakan huruf abjad, kurangnya media untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf abjad, media yang digunakan cenderung kurang menarik, dan tingginya tingkat ketertarikan anak terhadap gadget. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah game kotak alphabet berbasis aplikasi android layak digunakan untuk digunakan sebagai pembelajaran bagi anak usia dini 4-5 tahun terhadap kemampuan mengenal huruf. Pengembangan (Research and Development) merupakan jenis penelitian yang digunakan, dan tahapan yang dilakukan adalah: potensi dan masalah, pengumpulan data dan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Game kotak alphabet berbasis aplikasi android telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, ahli pendidik, dan uji coba lapangan terbatas. Namun studi ini dapat diringkas sebagai 88,89% ’’sangat layak’’ 93,75% ‘’sangat layak’’, 91,67% ‘’sangat layak’’ untuk masing-masing divalidasi oleh pakar materi, media, dan pendidik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa game kotak alphabet berbasis aplikasi android dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini 4-5 tahun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paud-lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

PAUD Lectura is a journal published by PG-PAUD FKIP Lancang Kuning University. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in October and April. The ...