Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ditemukan oleh peneliti yaitu anak belum bisa mengenal dan membedakan huruf abjad, kurangnya media untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf abjad, media yang digunakan cenderung kurang menarik, dan tingginya tingkat ketertarikan anak terhadap gadget. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah game kotak alphabet berbasis aplikasi android layak digunakan untuk digunakan sebagai pembelajaran bagi anak usia dini 4-5 tahun terhadap kemampuan mengenal huruf. Pengembangan (Research and Development) merupakan jenis penelitian yang digunakan, dan tahapan yang dilakukan adalah: potensi dan masalah, pengumpulan data dan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Game kotak alphabet berbasis aplikasi android telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, ahli pendidik, dan uji coba lapangan terbatas. Namun studi ini dapat diringkas sebagai 88,89% ’’sangat layak’’ 93,75% ‘’sangat layak’’, 91,67% ‘’sangat layak’’ untuk masing-masing divalidasi oleh pakar materi, media, dan pendidik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa game kotak alphabet berbasis aplikasi android dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini 4-5 tahun.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024