Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design. Populasi yang ditargetkan adalah anggota ekstrakurikuler pramuka di SMA YWKA Palembang dengan sampel penelitian yang diperoleh dari teknik Purposive Sampling yaitu 35 siswa. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) distribusi responden pada variabel ekstrakurikuler pramuka menunjukkan bahwa 14,28% dari siswa berada dalam kategori "Sangat Tinggi" dengan interval kelas di atas 66,51. Sebanyak 48,57% responden termasuk dalam kategori "Tinggi," yang memiliki interval kelas antara 60,6 hingga 66,51. Adapun 22,85% siswa berada dalam kategori "Rendah" dengan interval kelas 54,68 hingga 60,6. Terakhir, 14,28% siswa tergolong dalam kategori "Sangat Rendah" dengan interval kelas di bawah 54,68. Selain itu, untuk motivasi belajar siswa, data menunjukkan bahwa 17,14% responden berada dalam kategori "Sangat Tinggi" dengan interval kelas lebih dari 67,38. Sebanyak 37,14% siswa termasuk dalam kategori "Tinggi," dengan interval kelas antara 61,45 hingga 67,38. Sementara 31,43% siswa berada dalam kategori "Rendah," yang memiliki interval kelas antara 55,52 hingga 61,45. Terakhir, 14,29% siswa berada dalam kategori "Sangat Rendah" dengan interval kelas di bawah 55,52. (2) Terdapat pengaruh signifikan pada variabel Y, yaitu motivasi belajar siswa SMA YWKA Palembang, dengan hasil kumulatif sebesar (55,522-61,454). (3) Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kegiatan Pramuka dan motivasi belajar, dengan nilai thitung 5,31 dan ttabel 1,692 pada tingkat signifikansi 0,05%. Hasil uji menunjukkan thitung > ttabel (5,31 > 1,692), sehingga Hipotesis Alternatif (Ha)diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan motivasi belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024