Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Tinta

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP ELEKTROMAGNETIK MELALUI PRAKTIKUM SEDERHANA

Rohmah, Tri Iftitahur (Unknown)
Sholihah, Aminatus (Unknown)
Hidayah, Yunita Noor (Unknown)
Safitri, Nafilah (Unknown)
Noor, Silvyannisa (Unknown)
Ratnasari, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa tentang konsep elektromagnetik dalam praktikum sederhana serta menganalisis permasalahan yang ditemukan dan bagaimana solusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan observasi langsung dan studi dokumen. Teori analisis data Miles & Huberman diterapkan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap konsep elektromagnetik cukup baik namun terdapat kesulitan utama yakni lilitan kawat yang mengendur, menyebabkan medan magnet lemah. Percobaan pertama berhasil menarik klip kertas dengan lilitan rapat, sedangkan percobaan kedua gagal karena lilitan mengendur. Solusi yang diterapkan dalam percobaan ketiga meliputi penggantian kawat lama dengan yang baru, pengencangan lilitan, dan penggunaan sumber daya listrik yang stabil. Solusi ini berhasil meningkatkan kinerja elektromagnet, mengatasi kendala yang dihadapi sebelumnya. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pendidik fisika dalam merancang praktikum yang lebih efektif, membantu mahasiswa menguasai konsep elektromagnetisme dan meningkatkan keterampilan eksperimental mereka. Hasil penelitian ini berkontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran fisika, khususnya dalam praktikum pembuatan elektromagnetik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnaltinta

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This Journal covers the area of Teaching learning in Indonesia and the science of Teaching Learning at educational system in such areas of teaching science, teaching social knowledge, teaching language, teaching religion, teaching culture and teaching technology and publishes articles biannually in ...