Agar sumber daya manusia Indonesia tetap kompetitif di era globalisasi, pentingnya pendidikan global tidak bisa dianggap remeh. Untuk menghadapi ketatnya persaingan, perguruan tinggi harus menerapkan berbagai strategi promosi, salah satunya melibatkan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan program studi pemasaran dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Temuan tersebut menunjukkan belum adanya kerja sama konkrit antara pemerintah dan pengembangan sumber daya manusia. Terdapat juga kekurangan dalam mempromosikan program studi melalui sosialisasi yang efektif dan metode yang inovatif. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjalin kerjasama yang lebih konkrit melalui Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan pemerintah daerah, sekaligus membuat video promosi yang unik untuk disebarluaskan melalui platform media sosial populer seperti WhatsApp, Instagram, Facebook. , TikTok, dan Telegram
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023