BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 7 No 1 (2024): Maret

PENGEMBANGAN HANDOUT TERINTEGRASI PARADIGMA WAHDATUL ULUM PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MAS AL-FALAH

Lestari, Puji (Unknown)
Khairuna, Khairuna (Unknown)
Herni, Zulfiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah handout terintegrasi paradigma wahdatul ulum pada materi sistem pernapasan untuk menaikkan hasil belajar siswa MAS AL-FALAH ini layak, praktis, dana efektif dalam proses pembelajaraan. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop. dan Disseminate). Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa handout terintegrasi paradigma wahdatul ulum pada materi sistem pernapasan yang dikembangkan telah valid, sehingga layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dengan persentase 100% (ahli materi), 92,25 (ahli media), dan 92% (ahli agama). Selain itu, hasil angket respons guru dengan persentase 95% dan angket respons siswa dengan persentase 91,92% menunjukkan betapa praktis penggunaannya. Dilihat dari hasil N Gain yaitu sebesar 0, 81 maka handout dinyatakan efektif dengan kriteria “Tinggi”. Maka dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa handout terintegrasi paradigma wahdatul ulum pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan hasil belajar siswa MAS AL-FALAH telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan. Pengembangan handout pada penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta guru dapat menggunakannya sebagai bahan ajar selama proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

binomial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi ...