Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas model Project Based Learning (PjBL) berbasis ecopreneurship dan melatih kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 18 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan sampel yang digunakan adalah kelas XII MIPA 2 dan XII MIPA 3 dengan jumlah siswa masing-masing 29 dan 27 orang. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control dengan tipe Desaign Group Pre-Test dan Post-Test Design. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh hasil data normal dan homogen. Sedangkan uji hipotesis dilakukan menggunakan Paired Sample Pre-test Post-test diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 dimana sig (2-tailed) <0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran PjBL berbasis Ecopreneurship efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII SMA Negeri 18 Bone. Model ini mampu mengajarkan siswa untuk lebih aktif dalam belajar, kreativitas siswa makin berkembang melalui proses perancangan proyek, dan siswa lebih mudah dalam menentukan solusi dari masalah kompleks yang terjadi di dunia nyata.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024