Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi gamifikasi dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 4 Maros tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang telah divalidasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi gamifikasi dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi dengan pencapaian ketuntasan belajar dari kondisi awal pra siklus diperoleh 22,86% menjadi 65,57% pada siklus I dan pada siklus II mencapai 77,14%. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi gamifikasi dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 4 Maros pada materi sistem ekskresi.
Copyrights © 2024