Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 13 No. 4 (2023)

PENGARUH TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI

Widayan, Pramugita (Unknown)
Harjono, Harry Soedarto (Unknown)
Rustam, Rustam (Unknown)
Purba, Andiopenta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur di SMP Negeri 5 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif. Hasil menunjukkan ada perbedaan rata-rata gain skor pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, di mana kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor sebesar 0,4500 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata gain skor sebesar 0,1657.  Hasil tabel t-test or equality of means didapat nilai signifikansi (2-tailed) antara gain skor kelas eksperimen dan kelas kontrol sebasar 0,000 ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) yang diperoleh dari gain skor kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih kecil dari 0,05. Temuan ini menyuratkan penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Muaro Jambi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...