Siswa yang tidak terlihat antusias dalam menerima pelajaran, cepat merasa bosan, cepat putus asa dalam mengerjakan tugas, tidak antusia mengikuti pembelajaran, jarang sekali aktif dalam kegiatan belajar, dan tidak mempunyai kemauan dan tidak memperhatikan pembelajaran PPKn. Jenis penelitian yang diggunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan diokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wali kelas III, dan seluruh siswa kelas III SD Negeri 46 Kendari. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh (1) Faktor instrinsik yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa yaitu adanya keinginan untuk belajar, dorongan dan kebutuhan untuk belajar, serta ada harapan dan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsik yaitu adanya penghargaan dan kegiatan pembelajaran yang menarik. (2) Faktor internal yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa adalah faktor psikologis meliputi minat, bakat, dan motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi metode mengajar, metode belajar, alat pelajaran, dan hubungan siswa dengan siswa.
Copyrights © 2024