Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi pengendalian kapal telah mengalami perkembangan signifikan yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional. Sistem autopilot, khususnya, memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas dan arah kapal secara otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji sistem kontrol rudder berbasis STM32 yang mampu mengoptimalkan kinerja rudder dalam mencapai sudut yang diinginkan dengan tingkat error minimal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan pengembangan model perhitungan yang divalidasi dengan data empiris, serta pengukuran sudut menggunakan busur derajat sebagai alat bantu validasi. Sistem ini dilengkapi dengan proses kalibrasi awal untuk menentukan batas kiri dan kanan rudder, serta menetapkan posisi tengah sebagai titik referensi. Penelitian dilakukan dengan mengonversi masukan sudut ke dalam nilai potensio menggunakan algoritma yang telah dirancang, dan memerintahkan motor stepper untuk menggerakkan rudder sesuai dengan masukan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kontrol rudder yang dikembangkan mampu mencapai tingkat kesalahan sudut output dibandingkan sudut input sebesar 1,9%, dan kesalahan sudut output dibandingkan dengan sudut pada busur derajat sebesar 3,3%. Kesalahan ini terutama disebabkan oleh ketidakakuratan mekanisme gearbox pada sistem autopilot. Meskipun demikian, sistem yang dikembangkan telah menunjukkan peningkatan presisi dan keandalan dalam pengendalian rudder.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024