Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan digitalisasi perpustakaan sekolah, (2) pelaksanaan digitalisasi perpustakaan sekolah, dan (3) dampak digitalisasi perpustakaan sekolah di SMA Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan digitalisasi perpustakaan sekolah di SMA Negeri 3 Gorontalo terdapat perencanaan pustakawan, perencanaan fasilitas, perencanaan koleksi digital, dan perencanaan pelayanan, (2) pelaksanaan digitalisasi perpustakaan sekolah di SMA Negeri 3 Gorontalo menggunakan sebuah aplikasi SLiMS pada proses digitalisasi terutama pada proses pemimjaman, pengembalian dan pengunjungan, serta (3) dampak digitalisasi perpustakaan bagi sekolah meliputi dampak bagi sekolah, terdapat penghargaan berupa serifikat, dampak bagi guru, dan dampak bagi siswa meningkatnya prestasi, dan meningkatnya minat baca siswa.
Copyrights © 2023