Komunikasi adalah aspek penting yang selalu hadir dalam organisasi. Komunikasi berfungsi secara mendasar pada pembentukan berbagai aspek dalam setiap organisasi. Pada penelitian kualitatif ini, para peneliti mencoba memahami peran komunikasi dalam proses pengambilan keputusan organisasi utamanya di MA Muhammadiyah Metro. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan para responden yang juga melakukan pengamatan di Lembaga Pendidikan Islam tersebut. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa komunikasi efektif telah dipraktikkan di dalam organisasi pendidikan Islam tersebut. Didapati bahwa di MA Muhammadiyah Metro telah melaksanakan komunikasi efektif yaitu komunikasi interaksi dua arah di mana salah satunya dengan memanfaatkan platform digital. Komunikasi efektif tersebut telah menghasilkan pengaruh positif terutama pada penyelesaian masalah, dan pembentukan konsensus selama pengambilan keputusan organisasi. Namun demikian, masih juga ditemukan adanya hambatan-hambatan seperti; budaya, hierarkis, dan teknologi sehingga hal ini menunjukkan perlunya penerapan strategi seperti pelatihan keterampilan komunikasi, budaya organisasi yang mendukung, dan peningkatan infrastruktur teknologi informasi, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan pengambilan keputusan.
Copyrights © 2024