Kajian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan dan keefektifan model pembelajaran controversial public issues untuk meningkatkan kemampuan critical democracy mahasiswa. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk yang dihasilkan dalam kajian pengembangan ini yaitu berupa model pembelajaran controversial public issues yang layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan critical democracy mahasiswa. Uji kelayakan produk didasarkan pada hasil validasi ahli model pembelajaran sebesar 97 persen, validasi ahli materi sebesar 83 persen, dan validasi ahli perangkat pembelajaran sebesar 95 persen. Uji keefektifan produk didasarkan pada hasil pretest dan post test serta hasil observasi untuk mengamati perkembangan kemampuan critical democracy mahasiswa. Hasil uji Normalized Gain diperoleh rata-rata nilai sebesar 0,5769 yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran controversial public issues efektif untuk meningkatkan kemampuan critical democracy mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024