Abstract: Students' creative thinking can be improved through engaging teaching materials. PBL-based e-modules, which are interactive and student-centered, can address this need. However, teachers at Giovanni Kupang Catholic High School lack such resources. This study developed a PBL-based biology e-module using the Lee and Owens model to enhance creative thinking in Class XI students. Implemented in the 2022/2023 semester, the e-module showed significant improvement (N-gain score of 0.70) with the strongest impact on divergent thinking (0.82). These findings demonstrate the effectiveness of PBL-based e-modules in fostering creative thinking skills in biology education.Abstrak: Pemikiran kreatif siswa dapat ditingkatkan melalui bahan ajar yang menarik. Modul elektronik berbasis PBL, yang interaktif dan berpusat pada siswa, dapat memenuhi kebutuhan ini. Namun, guru-guru di SMA Katolik Giovanni Kupang tidak memiliki sumber daya seperti itu. Penelitian ini mengembangkan e-modul biologi berbasis PBL dengan menggunakan model Lee dan Owens untuk meningkatkan berpikir kreatif pada siswa kelas XI. Diimplementasikan pada semester 2022/2023, e-modul menunjukkan peningkatan yang signifikan (skor N-gain 0,70) dengan dampak terkuat pada pemikiran divergen (0,82). Temuan ini menunjukkan efektivitas e-modul berbasis PBL dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif dalam pendidikan biologi.
Copyrights © 2024