Pendekatan konstruktivisme merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan siswa aktif dalam belajar langsung dengan membentuk pengetahuan baru yang dikonstruksi dari makna dan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan konstruktivisme dalam pelaksanaan pembelajaran di SD terhadap peningkatan hasil belajar berdasarkan jurnal-jurnal ilmiah yang dipublikasikan terindeks SINTA selama sepuluh tahun terakhir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tinjauan pustaka terhadap 20 artikel jurnal yang bersumber dari Google Scholar dan Publish or Perish. Pendekatan konstruktivisme dapat dikaitkan dengan lingkungan sekitar. Hasil tinjauan literatur berupa klasifikasi untuk penelitian di mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, PKN, Bahasa Indonesia dan Seni. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat diintegrasikan dengan model pembelajaran seperti model pembelajaran Discovery learning, Cooperative learning, Problem Based Learning (PBL), dan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Berdasarkan penelitian tersebut penerapan pendekatan konstruktivisme dapat melatih, meningkatkan, dan memberikan efek positif terhadap keterampilan-keterampilan di abad 21, seperti keterampilan berpikir kritis, menulis, membaca, komunikasi, kerja sama dan keterampilan kreatif.
Copyrights © 2024