Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi
Vol 26 No 1 (2024): Maret

OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING MELALUI E-COMMERCE (PRESTASHOP) SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN IKAT BANDAR KOTA KEDIRI

Zakaria, Nizar (Unknown)
Saptaria, Lina (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2024

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pemasaran menjadi kebutuhan penting bagi para pelaku usaha untuk mencapai efisiensi dan kinerja bisnis yang berkelanjutan. Strategi pemasaran maupun promosi produk kain tenun ikat Bandar Kota Kediri dinilai kurang sesuai dengan era digital,dan masyarakat pengetahuan. Permasalahan yang dihadapi oleh paguyuban diantaranya : banyak pelanggan yang belum mengetahui informasi tentang keunggulan produk, tidak mengenal merek produk yang ditawarkan, kurangnya minat beli konsumen terhadap produk, dan masih terbatasnya jangkauan pemasaran produk. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem e-commerce menggunakan Prestashop dan implementasinya untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital komunitas tenun ikat Bandar ikat Kota Kediri. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Analisis perancangan dan implementasi sistem menggunakan pendekatan sedikit demi sedikit (efisiensi, informasi, ekonomi, pengendalian, efisiensi, keamanan). Hasill penelitian ini berupa desain sistem e-commerce yang telah dimanfaatkan oleh paguyuban sebagai sarana promosi dan penjualan. Para informan yang terdiri dari 4 pakar (ahli) dan 2 anggota paguyuban maupun konsumen telah melakukan penilaian bahwa sistem e-commerce yang dirancang menggunakan PrestaShop efektif dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Implikasi dari penelitian ini yaitu memberikan kontribusi dalam pengembangan sistem pemasaran digital yang efektif bagi pelaku UMKM tenun ikat Bandar Kota Kediri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arthavidya

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Arthavidya diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wisnuwardhana Malang yang memuat kajian ilmiah dibidang manajemen dan keuangan. Redaksi menerima artikel yang inovatif serta menantang untuk memicu lahirnya inovasi konsep dan praktik dibidang manajemen dan keuangan. Jurnal ...