Kemampuan membaca di kelas awal sangat berperan penting sebagai pondasi atau dasar penentu keberhasilan dalam kegiatan belajar siswa. Namun faktanya keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 3 Cikarag masih rendah. Hal ini ditandai dengan peserta didik masih menirukan kalimat yang dibaca guru tanpa memperhatikan kalimat yang dibaca, dan peserta didik belum memperhatikan lafal serta intonasi dalam membaca. masalah tentang rendahnya keterampilan membaca kelas 1 harus diatasi agar kedepannya peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam hal membaca.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pencapaian keterampilan membaca permulaan peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia setelah menggunakan media Big Books dibandingkan dengan sebelum menggunakan media Big Books di SD Negeri 3 Cikarag. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre experimental design (nondesigns), bentuk pre experimental one group pre-test post-test Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri 3 Cikarag sebanyak 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, wawancara dan angket.Pencapaian keterampilan membaca permulaan sebelum menggunakan media Big Books sebanyak 11 peserta didik (33%) yang sudah mencapai keterampilan membaca permulaan. Pencapaian keterampilan membaca permulaan setelah menggunakan media Big Books 28 peserta didik (85%). dan Pencapaian keterampilan membaca permulaan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan media Big Books dibandingkan dengan sebelum menggunakan menggunakan media Big Books terdapat perbedaan yang signifikan. diperoleh ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? atau 7,89 > 3,622 sehingga dapat disimpulkan ???????? ditolak dan ???????? diterima.
Copyrights © 2023