Digital Marketing berdampak pada terjadinya perubahan pola konsumsi masyarakat khususnya untuk konsumsi produk- produk dari yang biasanya berbelanja offline di toko, gerai, supermarket atau mall sebagian konsumen beralih ke belanja online. Merespon fenomena tersebut, pebisnis perlu segera beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan menyesuaikan dengan perubahan perilaku berbelanja masyarakat Indonesia, yaitu dengan merubah sistem pemasaran dari pemasaran offline menuju digital marketing atau kombinasi offline dan online. Beberapa tujuan dalam kegiatan PKM ini adalah: 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia dalam digital marketing, 2) memiliki akun marketplace yang dapat digunakan untuk menjalankan digital marketing, 3) Bagi dosen dan mahasiswa, yaitu mendapatkan data dan informasi terkini penerapan ilmu manajemen sumber daya manusia, pemasaran dan pengetahuan dan teknologi di masyarakat dalam rangka pengkajian ilmiah dan pengembangan ilmu pengetahuan. Metode pelaksanaan PKM ini terdiri empat tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan (survei, penyampaian materi, diskusi dan pelatihan, pendampingan demonstrasi lapangan) dan monitoring dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini masyarakat mitra mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan digital marketing dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen dengan baik dan efisien sehingga BUMDES Paramayasa mencapai keberlanjutan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Copyrights © 2023