Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 6 (2023): Volume 4 Nomor 6 Tahun 2023

PENGEMBANGAN DIGITALISASI UMKM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PEMASARAN DI DESA WISATA HARIARA POHAN

Yanti, Dewi (Unknown)
Prayogi, Budi (Unknown)
Panjaitan, Ananda Pratiwi (Unknown)
Bangun, Deby Regina Br. (Unknown)
Sibarani, Putra Adrian (Unknown)
Marbun, Safira Septy Vani (Unknown)
Sitinjak, Septi Anggina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

lapangan pekerjaan, mendukung kemajuan komunitas setempat, dan berperan sebagai katalisator perubahan sosial. Namun, di tengah arus perubahan teknologi yang begitu cepat, banyak UMKM yang berisiko tertinggal jika mereka tidak mampu mengadopsi teknologi digital. Pelaksanaan kegiatan Field Project Study ini memiliki tujuan yaitu membantu pelaku UMKM Pondok Tani dalam memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produk. Dan juga, dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM Yang ada di Desa Hariara Pohan, salah satu UMKM Yang dipilih yaitu UMKM Pondok Tani dimana UMKM ini memiliki kendala pada digital pemasaran, oleh karena itu mahasiswa/I ikut berperan dalam membantu strategi mengenai pemasaran digitalisasi. Penerapan strategi digitalisasi UMKM Pondok Tani saat ini masih menggunakan cara tradisional yaitu dari mulut ke mulut namun pelaku juga memanfaatkan teknologi digital hanya saja belum optimal karena pelaku masih mengunakan 2 media social (Facebook dan whatsapp). Pada saat kegiatan pendampingan mengenai pemanfaatan digitalisasi berlangsung, mahasiswa/I FPS melakukan penyuluhan kepada pelaku UMKM Pondok Tani mengenai pentingnya digitalisasi melalui media sosial agar produk dapat dikenal masyarakat luas. Mahasiswa/I FPS juga memperkenalkan platform media sosial yang lainnya seperti Instagram dan Tiktok kepada Pelaku UMKM Pondok Tani, memandu pelaku UMKM untuk membuat akun Instagram dan Tiktok, labelisasi produk, serta pembuatan Google My Business. Dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin maju, banyak pelaku usaha memilih untuk menggunakan pemasaran dan promosi produk melalui media sosial, terutama Instagram dan Tik tok, sebagai pilihan utama. Kehadiran media sosial diharapkan dapat dioptimalkan untuk meningkatkan pemahaman tentang pemasaran digital. Melalui program pendampingan, penggunaan media sosial dalam penjualan diharapkan dapat ditingkatkan, sehingga mempermudah UMKM dalam memasarkan produk mereka tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan biaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...