Era pendidikan karakter yang semakin berkembang memang sangat diperlukan dalam kehidupan, khususnya untuk kehidupan kelak. Pendidikan karakter membutuhkan waktu yang lama agar seseorang dapat berkembang menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui cara penguatan profil siswa Pancasila di kalangan siswa sekolah dasar di SDN Lumpang 04 melalui program kampus mengajar. Metode pengabdian yang diterapkan dalam kegiatan kampus mengajar melalui banyak tahapan seperti pemberian informasi di sekolah, survey dan observasi, penunjang manajemen sekolah terutama dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, praktek dan penerapan teknologi bagi guru. Hasil pengabdian melalui kegiatan lembaga pembelajaran yakni penguatan profil Pancasila siswa diwujudkan melalui program lembaga pembelajaran yakni nilai kerjasama, kerjasama antar mahasiswa dan siswa, pembuatan pojok baca di sekolah. dan membersihkan lingkungan sekolah, kemudian menerapkan kebiasaan berdoa dan berdoa sebelum belajar untuk memperkuat nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan pengetahuan membaca, menulis, dan berhitung melalui pembelajaran di kelas memakai model dan media pengajaran yang inovatif sebagai sarana penguatan bernalarr kritis siswa, membiasakan mereka dengan etika sekolah serta menjadi petugas upacara bendera setiap senin sebagai bentuk memperkuat nilai kemandirian dan memfasilitasi akses budaya. Pentas seni dan Kebudayaan daerah sebagai bentuk pengakuan terhadap kebhinekaan global
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024