Guru dituntut untuk kreatif tidak hanya dalam pembelajaran di kelas tetapi juga dalam hal meneliti dan menulis hasil penelitian maupun analisisnya dalam suatu artikel ilmiah. Setidaknya ada 2 manfaat yang dapat diambil oleh seorang guru saat mereka menulis suatu artikel ilmiah dalam jurnal, yaitu secara akademik guru dapat menularkan hasil penelitian dan analisisnya guna menyumbang kemajuan informasi, khususnya di bidang pendidikan. Kedua, secara profesional bagi guru, mereka akan mendapatkan nilai point yang dapat digunakan untuk meningkatkan karir dan profesionalisme kinerjanya. Permasalahan yang sering kali ditemukan dilapangan yang melatarbelakangi kegiatan ini yaitu belum banyak guru yang memiliki keterampilan cukup untuk menulis artikel ilmiah dan baru sedikit pula yang telah berhasil mempublikasikannya melalui jurnal ilmiah ber-ISSN atau terakreditasi khususnya di SDN Banteyan 2 Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Tujuan kegiatan ini adalah (1) memberikan pelatihan dan mendampingi guru-guru dalam menulis artikel ilmiah secara tepat, dan (2) menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan guru-guru dalam menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya melalui jurnal ilmiah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk guru-guru SDN Banteyan 2 Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Peserta kegiatan berjumlah 12 orang. Pelaksanaan kegiatan ini dalam bentuk pelatihan. Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dilakukan satu kali, yang dapat memberikan masukan dan manfaat, diantaranya yaitu: (1) guru-guru mendapatkan pelatihan dan pendampingan dalam menulis artikel ilmiah dan hal-hal yang terkait dengan artikel ilmiah, dan (2) wawasan dan keterampilan guru-guru SD meningkat dalam menulis artikel ilmiah.
Copyrights © 2024