Kebijakan baru kementerian dengan menerapkan kurikulum merdeka sebagai upaya pemulihan pembelajaran berimplikasi pada berubahnya tuntutan manajemen pembelajaran. Perubahan ini salah satunya terlihat pada bentuk RPP yang dalam penerapan kurikulum merdeka berbentuk modul aja.r. Dalam penyusunannya, guru diberi keleluasaan untuk memilih, membuat dan mengembangkan format modul ajar yang disesuaikan dengan kondisi siswa dan lingkungan pembelajaran. Idealnya guru dapat membuat modul ajar yang terdiferensiasi berdasarkan kondisi lingkungan pembelajaran masing-masing guru. Namun pada kenyataannya, banyak guru yang masih merasa kesulitan dalam penyusunan dan pengembangan modul ajar. Terutama untuk menyusun tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran (ATP) dan menuangkannya ke dalam bentuk modul. Oleh karena itu, sebagai sumbangsi dosen dalam rangka pelaksanaan tridharma perguruan tinggi (program pengabdian kepada masyarakat) maka dilaksanakan pendampingan penyusunan e-modul Bahasa Inggris kepada anggota MGMP Bahasa Inggris Kota Makassar. Kegiatan PkM ini akan dilaksanakan dengan menggunakan metode participatory learning and action (PLA). Metode ini merupakan pendekatan pemberdayaan yang berorientasi pada hasil dan mengutamakan proses belajar bersama. Berdasarkan hasil pelaksanaan pendampingan dan wawancara dengan guru-guru peserta pelatihan, semua guru telah memahami komponen dan langkah-langkah penyusunan modul ajar. Adapun luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah modul ajar yang dapat langsung digunakan oleh guru-guru di sekolah masing-masing.
Copyrights © 2024