Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2024): Volume 5 No. 2 Tahun 2024

MELATIH KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MELALUI METODE STORYTELLING PADAPESERTA DIDIK TK AL-HIDAYAH

Tuti Herawati (Universitas Asahan)
Nila Sudarti (Universitas Asahan)
Tarida Ilham Manurung (Universitas Asahan)
Fikri Ihsan (Universitas Asahan)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyimak dongeng yang diperdengarkan. Penelitian ini dilakukan di TK Al-Hidayah Desa Banjar Kecamatan Air Joman pada tahun ajaran 20223/2024. Subjek penelitian ini adalah peserta didik TK Al-Hidayah Desa Banjar Kecamatan Air Joman yang berjumlah 46 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Waktu penelitian ini dilakukan selama empat bulan, yaitu pada bulan Juli sampai bulan Oktober 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dengan empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...