Journal of Learning and Technology
Vol. 3 No. 1 (2024): June 2024

Pengaruh Aplikasi Pembelajaran Terhadap Peningkatan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa Tingkat SMA di Bimbingan Belajar Ruangguru

Pantow, David Putra (Unknown)
Korompis, Ferry Lourens S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh aplikasi pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa di lingkungan pendidikan informal, khususnya di lembaga bimbingan belajar. Dengan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei dengan 60 siswa SMA di sebuah lembaga bimbingan belajar. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran Ruangguru secara signifikan mempengaruhi motivasi dan aktivitas belajar siswa. Mayoritas responden menunjukkan persetujuan tinggi terhadap efektivitas aplikasi dalam memberikan dorongan tambahan untuk belajar, meningkatkan minat belajar melalui fitur interaktif, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam mempelajari materi pelajaran. Meskipun beberapa siswa memberikan tanggapan netral atau tidak setuju pada beberapa aspek, hasil secara keseluruhan menunjukkan bahwa Ruangguru berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang memotivasi dan menarik, mengatasi tantangan dalam pendidikan kontemporer.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jlt

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The Journal of Learning and Technology (JLT) is a peer-reviewed journal that welcomes papers on all aspects of educational technology and learning. Topics may include, but are not limited to: learning theory and technology, cognition and technology, instructional design theory and application, ...