Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 4 (2024): Volume 5 No. 4 Tahun 2024

PENINGKATAN LITERASI ANAK – ANAK PANTI ASUHAN AS-SALAM MELALUI PROGRAM POJOK LITERASI

Dewi, Dewi (Unknown)
Fikri, Ajief Aufa (Unknown)
Wiyono, Aurelia Carissa Anindita (Unknown)
Husna, Amelia Mujahadah (Unknown)
Tuladang, Cindy Adelia (Unknown)
Beelena, Beelena (Unknown)
Cahyadi, Julia Vanessa (Unknown)
Putri, Deandra Emilya (Unknown)
Wahid, Raseliya Ananda (Unknown)
Rahmatika, Tasha (Unknown)
Rifqi, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Pelaksanaan Program Pojok Literasi di Panti Asuhan As-Salam bertujuan untuk meningkatkan literasi anak-anak dengan fokus pada keterampilan membaca, menulis, dan berpikir kritis. Program ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan membaca dan menulis melalui aktivitas literasi, meningkatkan minat baca dengan buku cerita yang menarik, dan mendorong kemampuan berpikir kritis melalui diskusi dan kegiatan terkait. Pencapaian tujuan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan literasi dan kemampuan berpikir anak-anak secara signifikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan untuk mengumpulkan data langsung dari Panti Asuhan As-Salam. Kegiatan pengabdian masyarakat, dilaksanakan pada 27 April 2024, fokus pada implementasi Program Pojok Literasi untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis anak-anak. Persiapan mencakup riset materi literasi, perancangan sesi kegiatan, dan koordinasi dengan panti asuhan. Pada hari pelaksanaan, mahasiswa memperkenalkan diri, menyampaikan materi secara interaktif, dan mengadakan sesi membaca bersama. Program ini bertujuan untuk memberikan dampak positif pada perkembangan literasi anak-anak di panti asuhan. Hasil PkM menunjukan bahwa Program Pojok Literasi di Panti Asuhan As-Salam pada 27 April 2024 berhasil meningkatkan literasi anak-anak dengan menyediakan buku cerita, buku tulis, dan kegiatan literasi interaktif. Program ini efektif dalam mengatasi keterbatasan akses dan fasilitas pendidikan, meningkatkan minat baca, keterampilan menulis, dan kemampuan berpikir kritis anak-anak. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa program literasi yang baik dapat meningkatkan keterampilan dan motivasi belajar anak-anak, serta dapat dijadikan contoh untuk inisiatif serupa di lembaga lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...