Minat belajar merupakan bagian terpenting dalam keberhasilan belajar siswa. Sehingga penelitian ini mengkaji penghambat minat belajar bahasa arab siswa di MA Muhammadiyah Kota Bima. Metode penelitian kualitatif dengan sumber data dari kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar bahasa Arab siswa di MA Muhammadiyah Kota Bima rendah. Faktor-faktor yang mempengaruhinya meliputi faktor internal (motivasi dan bahasa) dan faktor eksternal (metode pembelajaran, media pembelajaran, sekolah, dan pra sarana). Dengan solusi meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa di MA Muhammadiyah Kota Bima adalah dengan: (1) meningkatkan motivasi siswa, (2) menggunakan metode pembelajaran yang menarik, (3) menyediakan media pembelajaran yang variatif, (4) memperbaiki sarana dan prasarana sekolah, dan (5) memberikan dukungan dari pihak sekolah dan keluarga.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024