Jurnal Pendidikan Non formal
Vol. 1 No. 2 (2023): December

Pemanfaatan Cabe Kering dan Benalu Teh: Mengembangkan Ekonomi Kreatif pada Gerakan FIS Mengabdi 8

Kamal, Astrid Liani (Unknown)
Ali, Muhamad Khaedar (Unknown)
Safitri, Desy (Unknown)
Sujarwo, Sujarwo (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam bagaimana Gerakan FIS Mengabdi 8 (GFM 8) turut berperan  dalam  memberikan  kontribusi  positif  terhadap  berbagai  aktivitas  masyarakat.  GFM  8,  sebagai  inisiatif berkelanjutan, berusaha secara khusus untukmerespons dan memperbaiki permasalahan yang ada di Kampung Cianten. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang melibatkan pengumpulan informasi dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan  dari  para  informan  yang  relevan.  Metode  pengumpulandata  yang  diterapkan  melibatkan  wawancara,  observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Gerakan FIS Mengabdi 8, terdapat pendorong utama dalam bentuk fokus pada konten ekonomi kreatif, yang termanifestasi melalui pengembangan produk seperti chili oil dan pemanfaatan  benalu  teh  sebagai  obat.  Proses  inovatif  ini  tidak  hanya  membawa  variasi  produk,  tetapi  juga  membuka pintu  peluang  baru  dalam  strategi  pemasaran  dan  peningkatan  nilai  ekonomi  bagi  komunitas.  Selama  proses  tersebut, pemasaran  dilakukan  melalui  strategi  modern,  termasuk  pemanfaatan  konten  promosi  video  di  platform  TikTok,  yang bertujuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan menerapkan pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development)   dan   fokusnya   pada   pengembangan   ekonomi   kreatif, Hasil GFM   8   berupaya   maksimal   dalam mengoptimalkan  potensi  aset  lokal  serta  meningkatkan  tingkat  kesejahteraan  masyarakat  setempat.  Inovasi  yang dilakukan,  baik  dalam  produk  seperti  chili  oil  dan  benalu  teh  maupun  dalam  penerapan  strategi  pemasaran  modern, diharapkan mampu menciptakan dampak positif yang signifikan untuk pengembangan ekonomi di kampung tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Non formal ISSN 3026-7161 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of September, December, March, and June. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...