Al-Nafis: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi
Vol 4, No 1 (2024): Al-Nafis: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Literasi Lingkungan Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 8 Kota Ternate

Irsani, Junaida Sapta (Unknown)
Abbas, Sukardi (Unknown)
Muna, Lintal (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

 Literasi lingkungan adalah sikap dan tingkah laku peduli lingkungan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan sekitarnya. Menjaga lingkungan merupakan sikap manusia yang dapat dididik atau diubah melalui pendidikan formal dan nonformal dengan menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan. Namun kenyatannya, kegiatan pembelajaran di sekolah cenderung difokuskan pada aspek kognitif. Aspek sikap atau literasi lingkungan belum menjadi perhatian utama. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap literasi lingkungan pada mata pelajaran Biologi di kelas X SMA Negeri 8 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan Quasi Eksperiment Design (eksperimen semu) dan menggunakan desain nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Ternate. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-A dan kelas X-B. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini yaitu soal tes, angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan umum lingkungan siswa didapatkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 43,09 dan posttest kelas kontrol adalah 83,43, sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 48,91 dan posttest kelas eksperimen adalah 90,86. Sikap peduli lingkungan siswa didapatkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 43,20 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 68,97, sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 47,66 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 84,74. Hasil analisis dengan Independent Sample t Test didapatkan nilai signifikansi 0.000. Nilai sig (2- tailed) = 0,00 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap literasi lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Ternate.Kata Kunci: Literasi Lingkungan, Model Project Based Learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Al-Nafis

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal Al-Nafis published twice a year (June & December), with a focus on field biology and biology education. Scope covering is a Curriculum to studies biology, teaching and learning biology, media for learning biology, assessment learning biology, biology learning resources, innovation of learning ...