Pendidikan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beketerampilan dan berpengetahuan, serta berdaya saing. Manusia yang terdidik memiliki kemampuan berpikir kreatif, unggul dan memiliki nilai tambah, berguna untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi era globalisasi di SMA Negeri 8 Kota Ternate, telah menggunakan literasi digital, hal ini dapat menyebabkan kurang efektif hasil belajar siswa. oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang Hubungan Antara Literasi Digital dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Ternate. Tujuan penelitian ini antara lain (1) untuk mengetahui hubungan literasi digital dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri Kota ternate (2) untuk mengetahui literasi digital siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota ternate (3) untuk mengetahui tingkat hasil belajar biologis siswa kelas XI.Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan quasai Eksperiment Design (eksperimen semu) dan menggunakan desain nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kels XI SMA Negeri 8 Kote Ternate. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-A dan kelas XI-B. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Instrumen dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes dan angket.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan umum literasi digital siswa dengan menggunakan soal tes menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest 97,69 dan nilai rata-rata posttest adalah 88,66. Hasil analisis dengan Independent Sample t Test Paired Sample t didapatkan nilai signifikan 0,000. Nilai sig (2- tailed) = 0,000 <0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh literasi digital dengan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 8 Kota Ternate.
Copyrights © 2024