Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (JUSHPEN)
Vol. 2 No. 3 (2023): Desember : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan

DIGITALISASI SEKOLAH SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN DI ERA PENDIDIKAN 4.0

Firmansyah, Ricky (Unknown)
Yunika Komalasari (Unknown)
Srie Wijaya Kesuma Dewi (Unknown)
Phitsa Mauliana (Unknown)
R. Dewi Sulastriningsih (Unknown)
Nanang Hunaifif (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Revolusi industri 4.0 telah membuat bidang pendidikan agar beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi sehingga dapat memanfaatkannya sebagai sarana yang lebih canggih demi mendukung kelancaran proses pembelajaran. Para ahli kemudian menggunakan istilah Pendidikan 4.0 untuk menjelaskan macam-macam cara integrasi teknologi informasi baik yang secara fisik maupun virtual dalam proses pembelajaran. Digitalisasi ini sebenarnya bukanlah hal baru dalam bidang Pendidikan, namun istilah ini kurang mendapat perhatian karena sudah berada pada zona nyaman yang membuat kebiasaan lama pada proses pembelajaran selalu dipertahankan dan membuat tidak ada inovasi dalam pembelajaran dan terkesan monoton. Kurikulum kini telah berubah dan menuntut guru dan peserta didik mau tidak mau keluar dari zona nyaman tadi yang membuat mereka mesti lebih berpikir dan kreatif untuk menciptakan suasanya belajar sehingga mampu menghadapi persaingan. Dengan metode studi literatur, penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana penerapan digitalisasi sekolah sebagai metode pembelajaran di era pendidikan 4.0 di tingkat sekolah dasar dan menengah? Hasil dari penelitian ini yaitu digitalisasi sekolah mampu memudahkan proses KBM karena peserta didik dapat mengakses seluruh bahan ajar maupun ujian melalui jaringan. Kemendikbud tidak hanya mendorong para peserta didik untuk pintar dalam mengoperasikan gawai (gadget) pada proses pembelajaran, akan tetapi juga menekankan peningkatan kompetensi bagi guru di bidang TIK. Berbagai upaya dilakukan oleh Kemendikbud dalam meningkatkan kompetensi guru, salah satunya melalui Pustekkom dengan menyelenggarakan program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUSHPEN

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review ...