GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 8, No 1 (2024): Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Analisis Pengembangan Kurikulum Merdeka dan Implementasinya

Mahabatillah, Kamila (Unknown)
Erhamwilda, Erhamwilda (Unknown)
Agustin, Mubiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Kurikulum Indonesia berkali-kali mengalami perubahan, transisi perubahan kurikulum 2013 (K-13) ke kurikulum merdeka selain perubahan kurikuler, transfomasi paradigmatic pendidikan nasional juga mengalami perubahan. TK (X) dan (Y) sudah menerapkan kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengembangan dan implementasi kurikulum merdeka Jenis pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuntitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua taman kanak-kanak X dan Y. Adapun Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan TK X dan Y sudah menerapkan pengembangan kurikulum merdeka berdasarkan pada pedoman pengembangan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan). Walaupun dalam proses pembelajaran terdapat kegiatan bermain ditemukan TK X sebagian besar kegiatan masih berpusat kepada guru. Projek profil pelajar pancasila TK (X) berlandaskan pada kebutuhan dan realitas lingkungan sekolah "Penanaman rimpang," TK (Y) landasan untuk mengenali nilai-nilai kebangsaan melalui “Perayaan HUT RI ke 78”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

golden_age

Publisher

Subject

Education

Description

This journal is managed by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program which focuses on research results related to early childhood education. This journal is published 2 (two) times a year, in June and ...