Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 13, No 2 (2024): Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam

Muatan Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Ajar PAI Kelas 4-6 Sekolah Dasar

Sya'ban, Bildan Muhammad (Unknown)
Anwar, Saepul (Unknown)
Romli, Usup (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi muatan Profil Pelajar Pancasila dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas 4-6 Sekolah Dasar serta menilai kesesuaiannya dengan kebijakan pemerintah dan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan. Sumber data primer berasal dari dokumen kurikulum dan buku ajar PAI kelas 4-6 versi Kurikulum Merdeka, sedangkan data sekunder diperoleh dari artikel jurnal yang relevan. Data dianalisis melalui teknik analisis konten guna melihat sejauh mana muatan Profil Pelajar Pancasila telah terintegrasi dalam materi ajar. Hasil penelitian menunjukkann bahwa sebagian besar buku ajar telah memuat nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, meskipun ada beberapa area yang masih memerlukan penguatan dan penyesuaian lebih lanjut. Temuan kebaruan dari penelitian ini ialah cenderung memfokuskan dalam menggali muatan Profil  Pelajar Pancasila di dalam buku ajar PAI dan Budi Pekerti. Dengan demikian, diharapkan hasil penelitian ini dapat menguatkan bahwa muatan Profil Pelajar Pancasila telah terintegrasi dengan baik pada materi ajar PAI dan Budi Pekerti.   

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tadib

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ta'dib : Jurnal Pendidikan Islam focuses on research results relating to the issue of Islamic religious education. The scope of Journal (but not limited) are: Philosophy of Islamic Education; History of Islamic Education; Theological Foundation of Education; Policies of Islamic Education; Politics ...