Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 13, No 1 (2024): Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam

Mengeksplorasi Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PAI dan Akhlak Siswa di Era 5.0

Hasanah, Ida Faridatul (Unknown)
Asih, Salma Pitri (Unknown)
Hasanah, Uswatun (Unknown)
Verawati, Heni (Unknown)
Rahmatika, Zahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki korelasi antara kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan perilaku akhlak siswa di era 5.0 yang ditandai dengan berkembangnya teknologi semakin cepat dan pergeseran paradigma pendidikan. Kompetensi kepribadian guru PAI di dalamnya memiliki nilai-nilai agama, etika, dan moralitas yang memainkan peran penting dalam akhlak siswa yang berintegritas. Penelitian ini mengadopsi penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Populasi studi melibatkan130 siswa dari 4 kelas, sedangkan sampel yang digunakan terdiri dari 57 siswa . Hasil penelitian ini ialah 1) berdasarkan analisis statistik menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, namun keterkaitan tersebut dapat dikategorikan sebagai lemah. Ini disebabkan oleh fakta bahwa kontribusi kompetensi kepribadian guru terhadap pembentukan akhlak siswa hanya sebesar 11,6%, sedangkan 88,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. 2) Di era 5.0 guru hendaknya mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan moral dalam setiap aspek pembelajaran serta menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan akhlak siswa. Sehingga memiliki implikasi terhadap perkembangan akhlak siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan akhlak siswa dalam konteks Era 5.0. Selain itu perlunya pengembangan pelatihan peningkatan kompetensi kepribadian guru PAI serta dukungan kerjasama antara guru PAI, orang tua, dan stakeholder pendidikan lainnya dalam membentuk akhlak siswa yang kuat dan adaptif dalam menghadapi tantangan zaman modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tadib

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ta'dib : Jurnal Pendidikan Islam focuses on research results relating to the issue of Islamic religious education. The scope of Journal (but not limited) are: Philosophy of Islamic Education; History of Islamic Education; Theological Foundation of Education; Policies of Islamic Education; Politics ...