Minat timbul dari keinginan siswa untuk mengetahui dan memahami suatu hal, yang merangsang dan mengarahkan minat siswa untuk belajar agar ia belajar lebih sungguh-sungguh, dan semakin besar minat maka semakin berkembang pula hubungan tersebut. Rendahnya minat belajar siswa dapat disebabkan oleh faktor eksternal. Artinya sebagian besar guru memberikan tugas kepada siswa dalam bentuk LKS, penggunaan media kurang, dan guru belajar untuk menginspirasi siswa dan membangkitkan minat siswa. Dengan adanya pembelajaran interaktif animasi diupayakan akan meningkatkan minat belajar pada matakuliah IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Metode Systematic Literature Review (SLR). Dimana melalui penggunaan media pembelajaran interaktif animasi diharapkan dengan menanamkan rasa ingin tahu terhadap apa yang dilakukan guru, siswa akan diberikan wadah untuk meningkatkan minat belajar dan meningkatkan kesadarannya terhadap pengetahuan dan video pembelajaran animasi melalui apa yang disajikan di sekolah.
Copyrights © 2024