Journal of Business Management
Vol. 2 No. 1 (2024): August

Langkah Penting Pemasaran Strategis dan Inovasi Bagi Keunggulan Kompetitif: Studi Deskriptif Lingkungan UMKM Indonesia

Pristiwaningsih, Estin Roso (Unknown)
Rizky, Dian (Unknown)
Dhandy, Rahmat (Unknown)
Mayasari, Financia (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sektor industri Indonesia. UMKM Indonesia telah mulai memproduksi produk dengan teknologi yang sangat tinggi dibandingkan dengan skenario sebelumnya. Selain manufaktur yang ada, itu juga telah masuk ke dalam domain layanan. Terlepas dari semua pencapaian ini, UMKM Indonesia menghadapi berbagai rintangan dan akibatnya, tidak mampu mencapai pertumbuhan yang ditargetkan dan juga tidak mampu mengatasi persaingan global. Oleh karena itu, UMKM Indonesia perlu mengadopsi beberapa jalur strategis untuk memenuhi persaingan saat ini dan masa depan. Penelitian ini menyajikan tinjauan literatur tentang bagaimana UMKM Indonesia dapat mengadopsi pemasaran strategis dan inovasi untuk mencapai keunggulan kompetitif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jbm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Business Management (JoBM) officially registered in the National Research and Innovation Agency, Directorate of Multimedia Repository and Scientific Publishing, ISSN INDONESIAN NATIONAL CENTER with ISSN Number 3025-7689 (online). This journal is published three times a year (April, ...