Cendikia Pendidikan
Vol. 1 No. 12 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan

STUDI LITERATUR : PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM PARTISIPASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Neysiana Febrianti Sundusiah (Unknown)
Jumadi, Jumadi (Unknown)
Dwi Wahyu Candra Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran abad 21 merupakan konsekuensi dari evolusi masyarakat dari zaman primitif hingga masyarakat informatif saat ini, yang ditandai oleh perkembangan digitalisasi. Transformasi ini melibatkan perubahan dari masyarakat offline menjadi masyarakat online, terutama dipercepat oleh penggunaan media digital seperti komputer, internet, dan handphone. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, penyesuaian dengan perkembangan digital menjadi suatu keharusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media sosial TikTok dalam partisipasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan metode literature review, dengan pendekatan analisis terhadap sumber data dari literatur seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen terkait. Langkah-langkah melibatkan menentukan topik penelitian, mencari sumber data relevan, membaca, memahami, dan menganalisis sumber data, serta menyusun kesimpulan berdasarkan literatur yang telah dikaji. Penggunaan media sosial TikTok dalam partisipasi belajar siswa SMP telah menjadi fenomena signifikan. TikTok tidak hanya sekadar hiburan, tetapi juga sarana untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan. Meskipun berhasil meningkatkan interaksi dan motivasi belajar siswa, perlu diidentifikasi dan diatasi potensi risiko seperti distraksi, konten tidak sesuai, dan isu privasi. Dengan pemahaman yang holistik, pendidik dapat merancang strategi untuk memaksimalkan manfaat TikTok sebagai alat pendukung partisipasi belajar siswa, sambil memitigasi risiko yang mungkin timbul.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...