Cendikia Pendidikan
Vol. 2 No. 8 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENGEMBANGAN DIRI DALAM RUANG LINGKUP ORGANISASI SEKOLAH SMA (OSIS)

Putri Aulia Febriyanti (Unknown)
Edy Soesanto (Unknown)
Farah Putri Nugroho (Unknown)
Ryzky Imelina Saragih (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis upaya pengembangan diri melalui kegiatan organisasi OSIS di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuisioner dan angket untuk mengumpulkan data dari anggota OSIS dan pengurus. Temuan menunjukkan bahwa keikutsertaan dalam OSIS memberikan peluang untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kerja tim, dan tanggung jawab sosial. Selain itu, interaksi dengan beragam anggota OSIS juga meningkatkan pemahaman tentang pluralitas dan keberagaman, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan pribadi. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya perhatian yang lebih besar terhadap peran OSIS sebagai wadah pengembangan diri di tingkat sekolah menengah atas. Pembahasan juga mencakup dampak positif dari pengembangan diri ini terhadap kesejahteraan pribadi siswa dan kontribusinya terhadap atmosfer positif di sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih lanjut tentang peran OSIS dalam membentuk karakter dan kemampuan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan.(LAMPIRAN 1, n.d.)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...