Cendikia Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

MELANGKAH KE DUNIA BELAJAR : MENGIDENTIFIKASI PERILAKU DAN KARAKTERISTIK UNIK PESERTA DIDIK

Ina Magdalena (Unknown)
Galuh Puspita (Unknown)
Nuri Fadillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2024

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik dalam konteks pendidikan. Proses pendidikan yang efektif memerlukan pemahaman mendalam tentang setiap individu siswa, mengakui perbedaan mereka, dan memberikan dukungan yang sesuai. Melalui artikel ini, kita akan menjelajahi metode yang efektif untuk mengidentifikasi ciri-ciri awal peserta didik, menggali dampaknya terhadap pembelajaran, dan merancang pendekatan pendidikan yang responsif. Pertama, artikel ini akan mengulas berbagai perilaku yang dapat diidentifikasi pada tahap awal pembelajaran, termasuk tetapi tidak terbatas pada interaksi sosial, motivasi, dan gaya belajar. Pemahaman mendalam terhadap perilaku ini akan memberikan pandangan yang lebih baik tentang kebutuhan individu dan memungkinkan pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Selanjutnya, artikel ini akan menggali karakteristik pribadi yang memengaruhi proses pembelajaran, seperti kecerdasan emosional, tingkat kemandirian, dan minat khusus. Pengenalan karakteristik ini membantu pendidik untuk menyusun strategi pembelajaran yang lebih terpersonal. Selain itu, artikel ini membahas dampak positif dari mengidentifikasi ciri-ciri awal peserta didik, seperti peningkatan motivasi, partisipasi aktif, dan pencapaian akademis. Dengan mengakui keunikan setiap siswa, pendidik dapat merancang pengalaman pembelajaran yang memotivasi dan memenuhi kebutuhan individual, membantu menciptakan lingkungan belajar yang positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...