Cendikia Pendidikan
Vol. 3 No. 3 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

ANALISIS EVALUASI SUMATIF DALAM SISWA DI SEKOLAH DASAR SUMATIVE EVALUATION ANALYSIS IN STUDENTS AT PRIMARY SCHOOL

Ina Magdalena (Unknown)
Afipah Qia Fathaniah (Unknown)
Annisah Nur Rohmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi sumatif dalam siswa di sekolah dasar. Evaluasi sumatif merupakan salah satu bentuk evaluasi yang digunakan untuk mengukur pencapaian akhir siswa setelah menyelesaikan suatu materi atau periode pembelajaran.(1) Artikel ini akan membahas pentingnya evaluasi sumatif dalam mengevaluasi pemahaman dan prestasi siswa di sekolah dasar. (2) Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Informasi dikumpulkan melalui observasi siswa, wawancara dengan master, dan analisis dokumen terkait evaluasi sumatif. (3) Sampel Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi sumatif memiliki peran yang penting dalam mengevaluasi pemahaman siswa di sekolah dasar. (4) Evaluasi ini membantu master dalam mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan siswa dalam memahami materi pembelajaran. (5) Kesimpulan dari penelitian ini adalah evaluasi sumatif memiliki peran yang penting dalam mengevaluasi pemahaman dan prestasi siswa di sekolah dasar. (6) Namun, tantangan dalam penerapan evaluasi sumatif juga perlu diperhatikan (7) Dengan pengembangan strategi evaluasi yang lebih baik, diharapkan evaluasi sumatif dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...