Cendikia Pendidikan
Vol. 3 No. 4 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

EVALUASI MODEL DESAIN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA

Ina Magdalena (Unknown)
Nadzifa shafira Putri (Unknown)
Anisa Sri Rijki (Unknown)
Dwi Sifa Salsabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

Partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif. Evaluasi model desain pembelajaran dan strategi untuk meningkatkan efektivitasnya menjadi hal krusial dalam konteks ini. Dalam konteks pembelajaran, partisipasi siswa ditunjukkan melalui keterlibatan fisik dan psikis, kreativitas, dan kemampuan berinisiatif dalam proses pembelajaran. Evaluasi efektivitas model desain pembelajaran dapat dilakukan melalui analisis hasil belajar, evaluasi terhadap proses pembelajaran, reaksi siswa, dan hasil pembelajaran. Strategi untuk meningkatkan efektivitas model desain pembelajaran meliputi penggunaan model desain pembelajaran yang sesuai, pengembangan strategi pembelajaran, koordinasi sarana penunjang, dan evaluasi terhadap program pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model desain pembelajaran sistem dalam kelas dan mengidentifikasi strategi untuk meningkatkan efektivitasnya. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...