Cendikia Pendidikan
Vol. 3 No. 7 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

IMPLEMENTASI MAGANG DI KELURAHAN 1 ILIR SEBAGAI PENGALAMAN PENDIDIKAN BAGI MAHASISWA PGSD : STUDI KASUS DAN EVALUASI

Kikki Aryaningrum (Unknown)
Eri Liana (Unknown)
Tris Mey Andini (Unknown)
Adinda Putri Maharani (Unknown)
Dilla Miranda (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Implementasi magang di Kelurahan 1 Ilir sebagai bagian integral dari kurikulum Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) adalah sebuah pengalaman pendidikan yang memainkan peran penting dalam mempersiapkan calon guru untuk menghadapi dunia nyata pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi kasus dan evaluasi mendalam terhadap pelaksanaan magang tersebut guna mengeksplorasi dampaknya sebagai pengalaman pendidikan bagi mahasiswa PGSD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan desain deskriptif, dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang keberhasilan, tantangan, dan dampak positif dari implementasi magang ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya pihak kelurahan I ilir dan DPL memberikan evaluasi bersama di akhir program dan implementasi program magang mahasiswa program studi PGSD bisa sebagai pengalaman pendidikan bagi mahasiswa karena dilihat dari SKGP (standar kompetensi guru pemula) ternyata kompetensi guru pemula tersebut juga dimiliki dan terdapat pada mahasiswa peserta program magang sebagai calon guru pada saat melaksanakan program magang di Kelurahan I ilir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...