Cendikia Pendidikan
Vol. 3 No. 10 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IPS PADA ABAD 21

Esya Fitria Sani (Unknown)
Desy Safitri (Unknown)
Sujarwo, Sujarwo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2024

Abstract

Pembelajaran IPS pada abad 21 memiliki tujuan untuk membentuk warga negara yang baik dengan kemampuan berpikir kritis, komunikasi yang baik, kerjasama yang baik, adaptasi yang baik, serta memiliki nilai kejujuran dan keterbukaan. Namun, proses pembelajaran IPS seringkali menghadapi hambatan dan problematika, salah satunya penggunaan metode ceramah yang membuat pembelajaran terasa monoton dan kurang interaktif. Oleh karena itu, perlu untuk mengidentifikasi hambatan dan problematika apa saja yang dialami pada pembelajaran IPS agar solusi yang tepat dapat ditemukan guna mencapai tujuan pembelajaran IPS secara efektif sesuai pembelajaran abad 21. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Data yang dikumpulkan dan dianalisis merupakan data sekunder yang relevan dengan problematika pembelajaran IPS di abad 21. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui literatur dengan integrasi dan penyajian data yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah menjawab beberapa problematika dalam pembelajaran IPS di era abad 21 dan memberikan strategi pembaruan dalam pendekatan pembelajaran IPS sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...