Cendikia Pendidikan
Vol. 5 No. 6 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

ANALISIS STRATEGI BRANDING PERPUSTAKAAN CAHAYA PUSTAKA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 29 SURABAYA

Sarah Azizah (Unknown)
Novan Dwi Yuniar (Unknown)
Moh. Dey Prayogo (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding yang diterapkan Perpustakaan Cahaya Pustaka SMP Negeri 29 Surabaya dalam meningkatkan minat dan partisipasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi berbagai elemen strategi branding yang efektif untuk menciptakan citra positif dan mendorong siswa untuk lebih aktif terlibat di perpustakaan. Strategi yang dianalisis meliputi pengembangan koleksi sesuai minat siswa, peningkatan fasilitas perpustakaan untuk mendukung kegiatan belajar mandiri dan kolaboratif, serta pemanfaatan teknologi informasi untuk memudahkan akses sumber belajar. Selain itu, penelitian ini juga menilai peran program pendukung seperti kompetisi membaca, lokakarya literasi, dan kegiatan tematik lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi siswa. Penelitian menunjukkan bahwa mengintegrasikan strategi branding dapat meningkatkan minat baca dan keterlibatan siswa di perpustakaan. Keterlibatan aktif sekolah, termasuk guru dan staf perpustakaan, juga merupakan elemen kunci keberhasilan strategi branding.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...