Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding yang diterapkan Perpustakaan Cahaya Pustaka SMP Negeri 29 Surabaya dalam meningkatkan minat dan partisipasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi berbagai elemen strategi branding yang efektif untuk menciptakan citra positif dan mendorong siswa untuk lebih aktif terlibat di perpustakaan. Strategi yang dianalisis meliputi pengembangan koleksi sesuai minat siswa, peningkatan fasilitas perpustakaan untuk mendukung kegiatan belajar mandiri dan kolaboratif, serta pemanfaatan teknologi informasi untuk memudahkan akses sumber belajar. Selain itu, penelitian ini juga menilai peran program pendukung seperti kompetisi membaca, lokakarya literasi, dan kegiatan tematik lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi siswa. Penelitian menunjukkan bahwa mengintegrasikan strategi branding dapat meningkatkan minat baca dan keterlibatan siswa di perpustakaan. Keterlibatan aktif sekolah, termasuk guru dan staf perpustakaan, juga merupakan elemen kunci keberhasilan strategi branding.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024