Minat belajar merupakan salah satu hal penting yang perlu ditingkatkan siswa agar dapat mencapai prestasi dan hasil akademik yang baik. Seiring berkembangnya teknologi penggunaan media pembelajaran semakin inovatif, salah satunya Gimkit. Game edukasi Gimkit dapat digunakan pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi Gimkit sebagai media pembelajaran terhadap peningkatan minat belajar siswa SMP Negeri 6 Tuban tepatnya kelas VII B. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan instrument berupa kuesioner dan hasil tes. Data tersebut akan dianalisis secara deksritf kualitatif untuk mengetahui presentase hasil kuesioner minat belajar dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil analisis minat belajar dari setiap indikator, yaitu perasaan senang kondisi awal 63,54% meningkat 87,5%, menunjukkan perhatian kondisi awal 56,66% meningkat 80,2%, ketertarikan belajar kondisi awal 66,66% meningkat 86,45% serta keterlibatan belajar kondisi awal 54,58% meningkat 85,41%. Dengan adanya peningkatan minat belajar siswa tersebut juga berdampak terhadap peningkatan hasil nilai tugas yang diberikan oleh guru, yaitu terdapat kenaikan dari 25% pada kondisi awal menjadi 83,33% dalam kondisi akhir. Kata Kunci: minat belajar matematika, gimkit, bangun datar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024