Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi matematis berdasarkan dari gaya belajar siswa kelasVIII SMP Darudda’wah Punggur Kecil Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelasVIII yang berjumlah 16 orang objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII terutama berdasarkan gaya belajar mereka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan (1) subjek dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada indikator 1sampai 4; (2) subjek dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada indikator 1, 3, dan 4 dan kurang baik pada indikator 2; (3) subjek dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik hanya pada indikator 2 dan 4 dan kurang baik pada indikator 1 dan 3. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar visual lebih tinggi dari pada gaya belajar auditorial dan kinestetik. Kata Kunci: Gaya Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis
Copyrights © 2024